Senin, 22 Agustus 2016

kesehatan mental & psikologi positif

Istilah kesehatan mental sering menimbulkan asosiasi yang kurang menyenangkan. seolah-olah istilah itu hanya khusus untuk hal-hal yang berkaitan dengan psikopatologi. Bagi yang belum familiar dengan istilah psikopatologi, singkatnya psikopatologi yaitu "menderita jiwa" biasa disebut jiwa manusia yang sedang sakit. Psikopatologi seperti skizofrenia, depresi, dan gangguan kepribadian seperti antisosial, agresif. kesehatan mental berkaitan dengan kesehatan juga, bukan penyakit atau gangguan saja. 
Kemudian ada istilah kesehatan mental positif, ide tersebut telah ditulis oleh Marie Jahoda di tahun 1958. artinya, kita tidak melihat kesehatan mental dari sudut pandang penyakit mental atau gangguan mental, tapi mulai melihat kesehatan mental dari sudut pandang positif. Artinya orang yang sehat mental mempunyai penyesuaian dan kelenturan dalam menghadapi hidup. kesehatan mental bukannya berarti tidak mengalami penyakit atau gangguan mental, melainkan manusia mampu kembali ke kehidupan sebelum dia mengalami tekanan berat dalam hidupnya.
Maka ada teori tentang diatesis-stress yang menyebutkan bahwa stress, ketegangan, atau beban hidup yang ditanggung oleh manusia dalam hidupnya akan mempengaruhi status kesehatan fisik dan mental seseorang. 
Psikologi positif telah dikemukakan oleh Seligman yang awalnya meneliti depresi sebagai belajar tidak berdaya berdasarkan penelitiannya dengan anjing yang diikat dan disetrum. lama-lama aning tersebut diam saja meskipun diberi kejutan listrik. Seligman menarik kesimpulan bahwa orang yang depresi karena belajar tidak berdaya seperti anjing tersebut. 

1 komentar:

  1. Best Slots Games to Play for Free - Dr.MCD
    Top 군포 출장안마 10 Games to Play for Free · 제천 출장안마 1. Golden Temple 보령 출장안마 · 2. Thunderkick · 3. Great Rhino · 4. 경기도 출장안마 Monkeymania · 5. Super Chameleon · 6. 울산광역 출장안마 Magical Hat Taruruuto-Kun · 7. Mahjong

    BalasHapus